Fisikastudycenter.com- Contoh soal dan pembahasan
fisika materi Vektor; resultan, jumlah dan selisih
vektor, perkalian titik dan silang vektor, penguraian gaya dan beberapa
variasi soal terapan vektor. Penjumlahan dengan rumus kosinus, resultan
beberapa vektor dengan metode penguraian atau analitis.
Diberikan dua buah vektor gaya yang sama besar masing-masing vektor besarnya adalah 10 Newton seperti gambar berikut.
Jika sudut yang terbentuk antara kedua vektor adalah 60°, tentukan besar (nilai) resultan kedua vektor!
Pembahasan
Resultan untuk dua buah vektor yang telah diketahui sudutnya.
Dengan F1 = 10 N, F2 = 10 N, α adalah sudut antara kedua vektor (α = 60°). dan R adalah besar resultan kedua vektor.
Sehingga:
Soal No. 2
Dua buah vektor masing-masing F1 = 15 satuan dan F2 = 10 satuan mengapit sudut 60°.
Tentukan arah resultan kedua vektor!
Pembahasan
Langkah pertama tentukan dulu besar resultan vektornya:
Yang dimaksud arah resultan adalah sudut β pada gambar di bawah:
Dengan rumus sinus:
diperoleh arah resultan:
Soal No. 3
Dua buah vektor kecepatan P dan Q masing-masing besarnya 40 m/s dan 20 m/s membentuk sudut 60°.
Tentukan selisih kedua vektor tersebut!
Pembahasan
Menentukan selisih dua buah vektor yang diketahui sudutnya:
Sehingga
Soal No. 4
Dua buah vektor gaya masing – masing 8 N dan 4 N saling mengapit sudut 120°. Tentukan besar resultan kedua vektor tersebut!
Pembahasan
Data:
F1 = 8 N
F2 = 4 N
α = 120°
R = ........
Seperti soal pertama hanya berbeda sudut antaranya, dengan rumus yang sama:
Diperoleh hasil
Catatan rumus:
cos (180° − α) = − cos α
Sehingga untuk nilai cos 120°:
cos 120° = cos (180° − 60°) = − cos 60° = − 1/2
Soal No. 5
Perhatikan gambar berikut!
Jika satu kotak mewakili 10 Newton, tentukan resultan antara kedua vektor!
Pembahasan
Cari jumlah resultan pada sumbu x dan sumbu y, cukup dengan menghitung kotak dari masing-masing vektor, F1 adalah 30 ke kanan, 40 ke atas, sementara F2 adalah 50 ke kanan, 20 ke atas, kemudian masukkan rumus resultan:
Soal No. 6
Diberikan 3 buah vektor F1=10 N, F2 =25 N dan F3=15 N seperti gambar berikut.
Diberikan 3 buah vektor F1=10 N, F2 =25 N dan F3=15 N seperti gambar berikut.
Tentukan:
a. Resultan ketiga vektor
a. Resultan ketiga vektor
b. Arah resultan terhadap sumbu X
[Sin 37° = (3/5), Sin 53° = (4/5)]
[Cos 37° = (4/5), Cos 53° = (3/5)]
Pembahasan
a. Ikuti langkah-langkah berikut:
1. Uraikan semua vektor ke sumbu x dan sumbu y (kecuali vektor yang sudah lurus pada sumbu x atau y seperti F2). Lihat gambar di bawah!
2. Cari jumlah vektor pada sumbu x ( kanan +, kiri -)
3. Cari jumlah vektor pada sumbu y (atas +, bawah -)
4. Masukkan rumus resultan
Jumlah komponen vektor-vektor pada sumbu x dan y :
b. Mencari sudut yang terbentuk antara resultan vektor R dengan sumbu x
tan θ = ΣFy /ΣFx
tan θ = −7/−1 = 7
θ = arc. tan 7 = 81,87°
Thanks to PCP http://journalputrika.blogspot.com atas koreksinya :-)
Soal No. 7
Ditentukan 2 buah vektor F yang sama besarnya. Bila
perbandingan antara besar jumlah dan besar selisih kedua vektor sama
dengan √3, tentukan besar sudut yang dibentuk oleh kedua vektor! (Sumber
Soal : SPMB)
Perbandingan jumlah dan selisihnya adalah √3 sehingga:
Kuadratkan ruas kiri dan kanan
Kali silang :
Soal No. 8
Sebuah perahu menyeberangi sungai yang lebarnya 180 m dan kecepatan airnya 4 m/s. Bila perahu diarahkan menyilang tegak lurus dengan kecepatan 3 m/s, tentukan panjang lintasan yang ditempuh perahu hingga sampai ke seberang sungai! (Sumber Soal : UMPTN)
Pembahasan
Jumlah dan selisih kedua vektor masing-masing adalah:
Perbandingan jumlah dan selisihnya adalah √3 sehingga:
Kuadratkan ruas kiri dan kanan
Kali silang :
Soal No. 8
Sebuah perahu menyeberangi sungai yang lebarnya 180 m dan kecepatan airnya 4 m/s. Bila perahu diarahkan menyilang tegak lurus dengan kecepatan 3 m/s, tentukan panjang lintasan yang ditempuh perahu hingga sampai ke seberang sungai! (Sumber Soal : UMPTN)
Pembahasan
Asumsikan bahwa perahu bergerak lurus beraturan
menempuh lintasan AD dan resultan kecepatan perahu dan air adalah 5 m/s
(gunakan aturan Phytagoras).
Dengan membandingkan sisi-sisi segitiga ABC dan ADE :
Soal No. 9
Berikut contoh soal diambil dari soal EBTANAS (UN tempo dulu, zaman kakak-kakak kita) tahun 2000.
Perhatikan gambar gaya-gaya di bawah ini!
Besar resultan ketiga gaya tersebut adalah....
A. 2,0 N
B. 2 √3 N
C. 3,0 N
D. 3 √3 N
E. 4√3 N
Pembahasan
"Untuk dua buah vektor dengan besar yang sama dan membentuk sudut 120o maka resultan kedua vektor besarnya akan sama dengan besar salah satu vektor"
Berikut ilustrasinya:
Dua buah vektor dengan besar yang sama yaitu 10 N membentuk sudut 120o maka nilai resultan kedua vektor juga 10 N.
Pada soal di atas, 2 buah vektor (gaya) masing-masing 3 N membentuk sudut 120o, sehingga resultan kedua gaya juga 3 N. Resultan kedua gaya ini akan segaris dengan gaya 6 N, namun berlawanan arah. Sehingga dengan mudah soal ini bisa dijawab resultan ketiga gaya adalah 6 N dikurangi 3 N hasilnya adalah 3 N.
Pada soal di atas, 2 buah vektor (gaya) masing-masing 3 N membentuk sudut 120o, sehingga resultan kedua gaya juga 3 N. Resultan kedua gaya ini akan segaris dengan gaya 6 N, namun berlawanan arah. Sehingga dengan mudah soal ini bisa dijawab resultan ketiga gaya adalah 6 N dikurangi 3 N hasilnya adalah 3 N.
Soal No. 10
Diberikan 3 buah vektor :
a = 2i + 3j satuan
b = 4i + 5j satuan
c = 6i + 7j satuan
Tentukan besar resultan ketiga vektor, dan kemiringan sudut antara resultan dan sumbu X
Diberikan 3 buah vektor :
a = 2i + 3j satuan
b = 4i + 5j satuan
c = 6i + 7j satuan
Tentukan besar resultan ketiga vektor, dan kemiringan sudut antara resultan dan sumbu X
Data:
Untuk lebih jelas berikut ilustrasinya:
12 pada sumbu x
15 pada sumbu y
Arahnya adalah sudut θ yang bisa dicari dari sin θ, cos θ maupun tan θ. Jika dicari dari tan θ maka yang dibandingkan nilai pada sumbu y dengan nilai pada sumbu x. Jika dicari dari sin θ yang dibandingkan nilai pada sumbu y dengan nilai resultan R, jika digunakan cos θ bandingkan nilai pada sumbu x dengan nilai resultan R.
12 pada sumbu x
15 pada sumbu y
Arahnya adalah sudut θ yang bisa dicari dari sin θ, cos θ maupun tan θ. Jika dicari dari tan θ maka yang dibandingkan nilai pada sumbu y dengan nilai pada sumbu x. Jika dicari dari sin θ yang dibandingkan nilai pada sumbu y dengan nilai resultan R, jika digunakan cos θ bandingkan nilai pada sumbu x dengan nilai resultan R.
Soal No. 11
Diberikan 3 buah vektor a, b, c seperti gambar di bawah.
Dengan metode poligon tunjukkan :
(i) d = a + b + c
(ii) d = a + b − c
(iii) d = a − b + c
(i) d = a + b + c
(ii) d = a + b − c
(iii) d = a − b + c
Soal No. 12
Diberikan dua buah vektor masing-masing vektor dan besarnya adalah A = 8 satuan, B = 10 satuan. Kedua vektor ini membentuk sudut 37°. Tentukan hasil dari:
a) A⋅ B
b) A × B
Pembahasan
a) A⋅ B adalah perkalian titik (dot) antara vektor A dan vektor B
Untuk perkalian titik berlaku
A⋅ B = A B cos θ
Sehingga
A⋅ B = A B cos 37° = (8)(10)(0,8) = 64 satuan
b) A × B adalah perkalian silang (cross) vektor A dan vektor B
Untuk perkalian silang berlaku
A × B = A B sin θ
Sehingga
A × B = A B sin 37° = (8)(10)(0,6) = 48 satuan
Soal No. 13Sebuah gaya F = (2i + 3j) N melakukan usaha dengan titik tangkapnya berpindah menurut r = (4i + aj) m dan vektor i dan j berturut-turut adalah vektor satuan yang searah dengan sumbu x dan sumbu y pada koordinat kartesian. Bila usaha itu bernilai 26 J, maka nilai a sama dengan...
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
E. 12
Sumber: Soal UMPTN Tahun 1991
Pembahasan
Soal ini adalah soal penerapan perkalian titik (dot product ) antara vektor gaya F dan vektor perpindahan r dengan kedua vektor dalam bentuk i dan j atau vektor satuan. Besaran yang dihasilkan nantinya adalah skalar (usaha termasuk besaran skalar, hanya memiliki besar, tanpa arah). Usaha dilambangkan dengan W dari kata work.
W = F ⋅ r
26 = (2i + 3j)⋅ (4i + aj)
Cara perkalian titik dua vektor dalam bentuk i,j adalah yang i kalikan i, yang j kalikan j, hingga seperti berikut
26 = 8 + 3a
3a = 26 − 8
a = 18/3 = 6
i dan j nya jadi hilang karena i kali i atau j kali j hasilnya adalah satu.
Bagaimana cara perkalian silang dua vektor dalam bentuk i dan j ? ntar kita tambahkan,...IA
Soal No. 14
Diberikan dua buah vektor masing-masing:
A = 4i + 3j − 2k
B = 7i + 2j + 5k
Tentukan hasil dari A × B
Pembahasan
Perkalian silang, A × B
Cara pertama:
Misal :
A = (Ax i + Ay j + Az k) dan B = (Bx i + By j + Bz k)
maka :
↑
Rumus Perkalian Silang Dua Vektor (cross product ) dalam i, j, k
Data :
A = 4i + 3j − 2k
B = 7i + 2j + 5k
maka
A × B = (Ay Bz − Az By) i + (Az Bx − Ax Bz) j + (Ax By − Ay Bx) k
A × B = [(3)(5) − (−2)(2)] i + [(−2)(7) − (4)(5)]j + [(4)(2) − (3)(7)] k
A × B = (15 + 4)i + (−14 − 20)j + (8 − 21)k
A × B = 19 i −34 j − 13k
Lumayan repot kalau mau dihafal rumus perkalian di atas, alternatifnya dengan cara yang kedua,
Cara Kedua:
A = 4i + 3j − 2k
B = 7i + 2j + 5k
Susun dua vektor di atas hingga seperti bentuk berikut:
Untuk mempermudah perkalian, tambahkan dua kolom di sebelah kanan susunan yang telah dibuat tadi hingga seperti berikut:
Beri tanda plus dan minus, ikuti contoh berikut:
Kalikan menyilang ke bawah terlebih dahulu dengan memperhatikan tanda plus minus yang telah dibuat, lanjutkan dengan menyilang ke atas,
A × B = (3)(5) i + (−2)(7) j + (4)(2)k − (7)(3)k − (2)(−2) i − (5)(4) j
A × B = 15 i −14 j + 8 k − 21k + 4 i − 20j
A × B = (15 + 4) i + (− 14 − 20) j + (8 − 21) k
A × B = 19 i − 34 j − 13 k
Diberikan 3 buah vektor a, b, c seperti gambar di bawah.
Dengan metode poligon tunjukkan :
(i) d = a + b + c
(ii) d = a + b − c
(iii) d = a − b + c
Pembahasan
Dengan metode poligon :(i) d = a + b + c
(ii) d = a + b − c
(iii) d = a − b + c
Soal No. 12
Diberikan dua buah vektor masing-masing vektor dan besarnya adalah A = 8 satuan, B = 10 satuan. Kedua vektor ini membentuk sudut 37°. Tentukan hasil dari:
a) A⋅ B
b) A × B
Pembahasan
a) A⋅ B adalah perkalian titik (dot) antara vektor A dan vektor B
Untuk perkalian titik berlaku
A⋅ B = A B cos θ
Sehingga
A⋅ B = A B cos 37° = (8)(10)(0,8) = 64 satuan
b) A × B adalah perkalian silang (cross) vektor A dan vektor B
Untuk perkalian silang berlaku
A × B = A B sin θ
Sehingga
A × B = A B sin 37° = (8)(10)(0,6) = 48 satuan
Soal No. 13Sebuah gaya F = (2i + 3j) N melakukan usaha dengan titik tangkapnya berpindah menurut r = (4i + aj) m dan vektor i dan j berturut-turut adalah vektor satuan yang searah dengan sumbu x dan sumbu y pada koordinat kartesian. Bila usaha itu bernilai 26 J, maka nilai a sama dengan...
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
E. 12
Sumber: Soal UMPTN Tahun 1991
Pembahasan
Soal ini adalah soal penerapan perkalian titik (dot product ) antara vektor gaya F dan vektor perpindahan r dengan kedua vektor dalam bentuk i dan j atau vektor satuan. Besaran yang dihasilkan nantinya adalah skalar (usaha termasuk besaran skalar, hanya memiliki besar, tanpa arah). Usaha dilambangkan dengan W dari kata work.
W = F ⋅ r
26 = (2i + 3j)⋅ (4i + aj)
Cara perkalian titik dua vektor dalam bentuk i,j adalah yang i kalikan i, yang j kalikan j, hingga seperti berikut
26 = 8 + 3a
3a = 26 − 8
a = 18/3 = 6
i dan j nya jadi hilang karena i kali i atau j kali j hasilnya adalah satu.
Bagaimana cara perkalian silang dua vektor dalam bentuk i dan j ? ntar kita tambahkan,...IA
Soal No. 14
Diberikan dua buah vektor masing-masing:
A = 4i + 3j − 2k
B = 7i + 2j + 5k
Tentukan hasil dari A × B
Pembahasan
Perkalian silang, A × B
Cara pertama:
Misal :
A = (Ax i + Ay j + Az k) dan B = (Bx i + By j + Bz k)
maka :
A × B = (Ay Bz − Az By) i + (Az Bx − Ax Bz) j + (Ax By − Ay Bx) k |
Rumus Perkalian Silang Dua Vektor (cross product ) dalam i, j, k
Data :
A = 4i + 3j − 2k
B = 7i + 2j + 5k
Ax = 4 Ay = 3 Az = − 2 |
Bx = 7 By = 2 Bz = 5 |
A × B = (Ay Bz − Az By) i + (Az Bx − Ax Bz) j + (Ax By − Ay Bx) k
A × B = [(3)(5) − (−2)(2)] i + [(−2)(7) − (4)(5)]j + [(4)(2) − (3)(7)] k
A × B = (15 + 4)i + (−14 − 20)j + (8 − 21)k
A × B = 19 i −34 j − 13k
Lumayan repot kalau mau dihafal rumus perkalian di atas, alternatifnya dengan cara yang kedua,
Cara Kedua:
A = 4i + 3j − 2k
B = 7i + 2j + 5k
Susun dua vektor di atas hingga seperti bentuk berikut:
Untuk mempermudah perkalian, tambahkan dua kolom di sebelah kanan susunan yang telah dibuat tadi hingga seperti berikut:
Beri tanda plus dan minus, ikuti contoh berikut:
Kalikan menyilang ke bawah terlebih dahulu dengan memperhatikan tanda plus minus yang telah dibuat, lanjutkan dengan menyilang ke atas,
A × B = (3)(5) i + (−2)(7) j + (4)(2)k − (7)(3)k − (2)(−2) i − (5)(4) j
A × B = 15 i −14 j + 8 k − 21k + 4 i − 20j
A × B = (15 + 4) i + (− 14 − 20) j + (8 − 21) k
A × B = 19 i − 34 j − 13 k
Cjah kediri-Jatim.
Diberdayakan oleh Blogger.
RUMUS-RUMUS VEKTOR (Matematika)
24.2.13
Tahukah Anda ?
Pada tahun 1827 Mobius mempublikasikan Der Barycentrische Calcul, sebuah
buku geometri yang mengkaji transformasi garis dan irisan kerucut.
Fitur baru dalam hasil karya ini adalah pengenalan koordinat
barycentric. Diberikan sembarang segitiga ABC maka jika garis berat a,
b, dan c berturut-turut dilukis pada A, B, dan C maka dapat ditentukan
sebuah titik P, yaitu titik berat segitiga. Mobius memperlihatkan bahwa
setiap titik P pada bidang datar ditentukan oleh koordinat homogen
[a,b,c]. Garis – garis berat yang diperlukan diletakkan pada A,B, dan C
untuk menentukan titik berat P. Yang terpenting disini adalah pandangan
Mobius tentang besaran berarah, sebuah pemunculan awal mengenai konsep
vektor.
Pada tahun 1837 Mobius mempublikasikan buku tentang statika di mana ia
secara gamblang menyatakan idenya tentang penyelesaian masalah besaran
vektor bersama dengan dua sumbu koordinat.
Di antara dua hasil karya Monius ini, sebuah karya tentang geometri
oleh Bellavitis dipublikasikan tahun 1832 yang juga membahas besaran
yang merupakan vektor. Odjek dasarnya adalah segmen garis AB dan ia
memandang AB dan BA sebagai dua objek yang berbeda. Ia mendefinisikan
dua segmen garis sebagai ‘equipollent’ jika keduanya sama panjang dan
paralel. Dalam notasi modern, dua segmen garis adlah equipollent jika
keduanya mewakili dua vektor yang sama.
A. Pengertian vektor
Setiap besaran skalar seperti temperature, tekanan, massa, dan
sebagainya selau dikaitkan dengan suatu bilangan yang merupakan nilai
dari besaran itu. Untuk besaran vektor, di samping mempunyai nilai, ia
juga mempunyai arah. Misalnya, pada gerakan angin, selain disebutkan
lajunya, disebutkan juga arahnya, seperti 20km/jam dengan arah timur
laut. Definisi vektor dan skalar :
- Vektor : segmen garis berarah yang mempunyai besaran. Jadi,
vektor adalah besaran yang mempunyai arah, misalnya : kecepatan, momen,
gaya, percepatan, berat, dll.
- Skalar : suatu besaran yang tidak mempunyai arah. Misalnya,
panjang, luas, jarak, ,suhu, dll.
B. Penulisan vektor
- Ditulis dengan huruf kecil dicetak tebal. Misalkan : a,b,c . .
.
- Ditulis dengan huruf kecil yang diatasnya dibubuhi tanda
panah. Misalkan : ā , ē . . . .
- Ditulis dengan huruf kecil dan garis di bawahi. Misalkan :
C. Rumus-rumus vektor
a. Vektor satuan
b. Besar panjang vektor
c. Penjumlahan maupun pengurangan vektor
e. Perkalian skalar
g. Gambar proyeksi vektor a pada b
h. Proyeksi orthogonal skalar
i. Proyeksi orthogonal vektor
j. Titik p pembagi AB dengan perbandingan m:n
k. Sudut vektor
Make Money at : http://bit.ly/copy_win
Make Money at : http://bit.ly/copy_win
Cjah kediri-Jatim.
Diberdayakan oleh Blogger.
RUMUS-RUMUS VEKTOR (Matematika)
24.2.13
Tahukah Anda ?
Pada tahun 1827 Mobius mempublikasikan Der Barycentrische Calcul, sebuah
buku geometri yang mengkaji transformasi garis dan irisan kerucut.
Fitur baru dalam hasil karya ini adalah pengenalan koordinat
barycentric. Diberikan sembarang segitiga ABC maka jika garis berat a,
b, dan c berturut-turut dilukis pada A, B, dan C maka dapat ditentukan
sebuah titik P, yaitu titik berat segitiga. Mobius memperlihatkan bahwa
setiap titik P pada bidang datar ditentukan oleh koordinat homogen
[a,b,c]. Garis – garis berat yang diperlukan diletakkan pada A,B, dan C
untuk menentukan titik berat P. Yang terpenting disini adalah pandangan
Mobius tentang besaran berarah, sebuah pemunculan awal mengenai konsep
vektor.
Pada tahun 1837 Mobius mempublikasikan buku tentang statika di mana ia
secara gamblang menyatakan idenya tentang penyelesaian masalah besaran
vektor bersama dengan dua sumbu koordinat.
Di antara dua hasil karya Monius ini, sebuah karya tentang geometri
oleh Bellavitis dipublikasikan tahun 1832 yang juga membahas besaran
yang merupakan vektor. Odjek dasarnya adalah segmen garis AB dan ia
memandang AB dan BA sebagai dua objek yang berbeda. Ia mendefinisikan
dua segmen garis sebagai ‘equipollent’ jika keduanya sama panjang dan
paralel. Dalam notasi modern, dua segmen garis adlah equipollent jika
keduanya mewakili dua vektor yang sama.
A. Pengertian vektor
Setiap besaran skalar seperti temperature, tekanan, massa, dan
sebagainya selau dikaitkan dengan suatu bilangan yang merupakan nilai
dari besaran itu. Untuk besaran vektor, di samping mempunyai nilai, ia
juga mempunyai arah. Misalnya, pada gerakan angin, selain disebutkan
lajunya, disebutkan juga arahnya, seperti 20km/jam dengan arah timur
laut. Definisi vektor dan skalar :
- Vektor : segmen garis berarah yang mempunyai besaran. Jadi,
vektor adalah besaran yang mempunyai arah, misalnya : kecepatan, momen,
gaya, percepatan, berat, dll.
- Skalar : suatu besaran yang tidak mempunyai arah. Misalnya,
panjang, luas, jarak, ,suhu, dll.
B. Penulisan vektor
- Ditulis dengan huruf kecil dicetak tebal. Misalkan : a,b,c . .
.
- Ditulis dengan huruf kecil yang diatasnya dibubuhi tanda
panah. Misalkan : ā , ē . . . .
- Ditulis dengan huruf kecil dan garis di bawahi. Misalkan :
C. Rumus-rumus vektor
a. Vektor satuan
b. Besar panjang vektor
c. Penjumlahan maupun pengurangan vektor
e. Perkalian skalar
g. Gambar proyeksi vektor a pada b
h. Proyeksi orthogonal skalar
i. Proyeksi orthogonal vektor
j. Titik p pembagi AB dengan perbandingan m:n
k. Sudut vektor
Make Money at : http://bit.ly/copy_win
Make Money at : http://bit.ly/copy_win
kak kalo menggambarkn vektor
BalasHapusA+B-3C&
2C-½(2B-A)
kak bntu dong kalo mnggambarkn vektr A+B-3C tu gmn?
BalasHapusmaaf tulisannya
BalasHapuskurang jelas
maaf tulisannya
BalasHapuskurang jelas
tulisan yang di gunakan membuat tulisannya jd susah untuk di baca dan kurang jelas..
BalasHapusOkey
BalasHapusboleh ngasih saran :D
BalasHapusfontnya kampretttttt
BalasHapusFont nya tolong diperbaiki. Percuma anda membuat ini, tetapi orang yg membaca tidak paham. Tolong dipermudah tulisannya agar dapat mudah dipahami dan di mengerti, Sekian terima kasih
BalasHapusyakin itu nomor 1? R/sin a??? yg ada mahh R/sin(180-a)
BalasHapusyakin itu nomor 1? R/sin a??? yg ada mahh R/sin(180-a)
BalasHapusbagus banget kak, membantu belajar, thx kak^^
BalasHapusKawat bujur sangkar dengan siai 20 cm (gbr kiri ), hitung besaran dan arah gaya pada kawat 1-2 dan 1-4, jika kuat B = 15mT
BalasHapusKawat bujur sangkar dengan siai 20 cm (gbr kiri ), hitung besaran dan arah gaya pada kawat 1-2 dan 1-4, jika kuat B = 15mT
BalasHapusCuaman latihan. Mo liat jawaban saya bener atau salah.
BalasHapusA=2i+4j-5k
B=5i+2j+3k
Bantu yah. Jawaban sdh ada. Cmn mau uji aja heheh
😐
HapusMaksih bgt infonya min. Jadi paham :)
BalasHapusFont nya sungguh luar biasa
BalasHapusfont nya gak keliatan
BalasHapusganti fontnya sob!!!!!
BalasHapusOkkey
BalasHapusApaan copas dari fisika study center-_-
BalasHapusApaan copas dari fisika study center-_-
BalasHapusMakasihnya ilmu nya
BalasHapusKak klo vektornya ada 4 gma cara kejanya
BalasHapusKok kopas punya yg disamping ya
BalasHapustolong dijawab bagi yg bisa.
BalasHapusseseorang oergi meninggalkan rumahnya ,mula mula ia berjalan 1000 kaki ke timur,kemudian 2000 kaki ke utara,dan kemudian ia mengambil sekeling uang logam dari sakunya ,dan menjatuhkannya dari suatu tebing yang tingginya 500 kaki,buatlah sebuah sistem koordinat,lalu tuliskan pernyataan pergeseran uang logam tersebut dengan menggunakan vektor satuan.
tolong dijawab bagi yg bisa.
BalasHapusseseorang oergi meninggalkan rumahnya ,mula mula ia berjalan 1000 kaki ke timur,kemudian 2000 kaki ke utara,dan kemudian ia mengambil sekeling uang logam dari sakunya ,dan menjatuhkannya dari suatu tebing yang tingginya 500 kaki,buatlah sebuah sistem koordinat,lalu tuliskan pernyataan pergeseran uang logam tersebut dengan menggunakan vektor satuan.
alhamdulilah smoga bnr semua ya..soal+jawabanya😆
BalasHapusWow kak caranya dapat dimengerti secara mudah.
BalasHapusTerima kasih banyak kak🙏
Cara nya sangat rumit tolong bantu saya untuk soal ini:( :(
BalasHapusTerimakasih ini sangat membantu,lebih baik dari ruang guru
BalasHapusItu soal yang nomor 2 gimana cara nentuin beta nya kak?kok bisa dapet 23,4 kak?
BalasHapusfontnya kalo bisa jgn ini deh min agak pusing bacanya
BalasHapus